SUKOHARJO - Mantan Ketua MPR Amien Rais menganggap predikat yang diberikan kepada Joko Widodo atau bisa disapa Jokowi sebagai salah satu Wali Kota terbaik di dunia terlalu berlebihan dan menyesatkan.

 Justru menurut Amien, selama masa kepemimpinan Jokowi memimpin Kota Solo, angka kemiskinan di Kota Solo naik cukup tajam. Kondisi ini menunjukkan bahwa Jokowi tidak mampu mengatasi kemiskinan di sana. Malah sebaliknya, angka kemiskinan semakin meningkat.


 "Saya bangga bila ada orang Solo bisa memimpin Jakarta. Tapi selama memimpin Solo, justru angka kemiskinan di kota Solo semakin meningkat. Bagaimana memimpin Jakarta yang angkanya lima hingga enam kali lebih tinggi dibandingkan Solo? Jadi, predikat salah satu Wali Kota terbaik di dunia terlalu berlebihan dan menyesatkan," jelas Amien Rais saat ditemui Okezone disela-sela halal bihalal keluarga besar Amien Rais di Bekonang, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (21/8/2012).

 Keraguan lain yang diungkapkan Amien adalah dibandingkan kota-kota lainnya di Benua Amerika, Eropa, Asia, Kota Solo masih banyak daerah kumuh. Selain itu tingkat kedisplinan, ketertiban, dan kepatuhan berlalu lintas sangat rendah.

 "Saya sudah berkeliling ke negara-negara Amerika, Eropa, Asia dan Timur Tengah, di sana jauh lebih indah, lebih tertib dan lebih disiplin serta tidak ada daerah kumuhnya. Sedangkan Solo, banyak daerah kumuhnya. Gilingan, Nusukan, Ngemplak, itu daerah kumuh dan gagal dientaskan Jokowi," paparnya.

 Sehingga dengan dasar itu, Amien Rais meminta warga Jakarta untuk cerdas memilih. Amien juga meminta kepada warga Jakarta untuk membedah sebelum memilih mana keberhasilan dan mana kegagalan keduannya dalam memimpin daerah.

 Selain membedah keduannya, Amien Rais juga meminta agar unsur SARA tidak dimasukkan kedalam program kampanye.

 "Saya kasihan dengan Rhoma Irama. Rhoma Irama ceramah di depan umatnya, mengajak masyarakat berpikir sebelum memilih, disebut SARA. Tapi kalau pasangan Jokowi dan Ahok kampanye di tempat ibadah untuk memilih dirinya, tidak disebut SARA," pungkasnya.() okezone.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Top