Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Video

Politik

Ekonomi

Berita Nasional

Berita Internasional

Tsaqafah

Klik Gambar

» » » Pasca Beras dan Garam, Pemerintah Akan Impor Gula Mentah

Sumber gambar: CNN Indonesia
Jakarta -- Pemerintah akan membuka kran impor gula mentah (raw sugar). Impor tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan gula konsumsi hingga Mei 2019 mendatang.

Berdasarkan data pemerintah, produksi gula tahun ini hanya 2,1 juta ton. Ditambah dengan stok yang ada sekitar 800 ribu ton, total pasokan gula hingga akhir tahun cuma 2,9 juta ton.

Sementara, konsumsi gula hingga Mei 2019 mencapai empat juta ton. Melihat hal itu, Indonesia setidaknya membutuhkan impor gula mentah 1,1 juta ton.

"Impor (gula) itu kan dilakukan untuk mengisi kekosongan stok," imbuh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita usai menghadiri Seminar dan Rakernas Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) di Hotel Sheraton Grand Jakarta, Kamis (12/4).

Enggartiasto mengungkapkan izin kuota impor gula mentah bakal dikeluarkan secara bertahap. Proyeksi kebutuhannya telah disepakati pada rapat koordinasi tingkat menteri beberapa waktu lalu.

"Saya tidak akan langsung mengeluarkan izin untuk semua, tetapi secara bertahap. Saya harus melihat kondisi dulu di lapangan," katanya.
Namun demikian, Enggartiasto memastikan izin impor gula mentah akan diterbitkan dalam waktu dekat. Terlebih, bulan depan sudah memasuki periode ramadan, disusul Idul Fitri. Biasanya, konsumsi gula bakal meningkat pada periode tersebut.

"Saya juga tidak ingin pada saat ramadan dan lebaran kita kekurangan pasokan gula lagi," jelasnya.(CNN Indonesia/ syabab indonesia)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply